indoneshine

minggu, 4 november 2007

entahlah, mungkin dulu INDONESIA memang pernah menjadi bangsa yang besar, berkarakter kuat yang dihormati dan disegani oleh negara-negara lain, bahkan punya peran penting dalam peta politik dunia.

mungkin juga, kalo guru sejarah kita nggak bohong, dulu ada orang (semoga) INDONESIA yang bernama Gajah Mada yang bisa menaklukan 1/3 asia.

atau mungkin juga setidaknya INDONESIA pernah diangap guru oleh negara tetangga kita malaysia dalam hal pembangunan bangsa dan mengurus perusahaan minyak.

saya memang belum lahir waktu jamannya Tan Malaka jadi anggota internasionale dan melobi kamerad-kameradnya untuk membantu mengenyahkan belanda dari bumi INDONESIA, atau sewaktu Soekarno berteriak-teriak menantang amerika, bikin ganefo, dan sukses menyelenggarakan konferensi asia afrika di bandung. apalagi jaman keemasan majapahit yang katanya cikal bakal Nusantara bin INDONESIA, neneknya kakek buyut saya pun pasti belum lahir.

kalau sudah lahir, saya pun mungkin belum terlalu ngeh akan prestasi seorang Rudi Hartono, orang INDONESIA yang jadi juara all england 8 kali, atau waktu Mr Soebroto jadi bosnya opec. saya cuma ingat dasi kupunya yang menurut saya-waktu itu-lucu.

yang saya tahu INDONESIA sekarang adalah sebuah bangsa yang sedang menderita, yang dengan sangat susah payah keluar dari krisis ekonomi, yang dampaknya membuat saya harus putus hubungan dengan amazon.com gara-gara ga kuat bayar pake dollar dan harus menerima tuduhan bahwa saya adalah seorang kriminal karena hanya mampu beli atau mengunduh peranti lunak bajakan.

yang saya juga tahu sekarang, INDONESIA adalah sebuah negeri yang mengerikan karena rakyat dan penduduknya saling bantai. perbedaan suku dan ras yang konon jadi salah satu aset kekayaan bangsa ini(halah!), sekarang menjadi alasan yang sahih untuk saling menuduh dan membunuh. keragaman agama, yang sebenarnya salah satu bukti bahwa nusantara dulu adalah pusat keramaian, didatangi banyak orang dari segala penjuru dunia, sekarang menjadi pembenaran untuk meledakkan bom.

akhirnya yang saya pahami sekarang, INDONESIA adalah bangsa yang sensi, paranoid dan moralnya rapuh, tapi rakyatnya gemar mencari sensasi dan sibuk dengan kosmetik. ehh.. masih dihajar bencana bertubi-tubi, baik versi alam maupun versi manajemen transportasi.

sekarang saya jadi tenger-tenger memikirkan nasib saya jadi orang INDONESIA. apa yang bisa saya banggakan sebagai orang INDONESIA?
Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat INDONESIA bisa bersinar(kembali)?

walah, saya merasa malu, terharu tapi sekaligus bangga sama mas ini, dia bisa melakukan sesuatu yang besar, saya malah cuma nggrundel2 ga jelas. semoga berhasil projeknya mas.
may all the forces be with you.



1 orang bawel:

Bangsari mengatakan...

iseng iseng gugling ketemu link ini. makasih atas dukungannya mas (atau mba)...